Cara Baru Pemasaran di Era Digital Dengan 'Content Marketing'

Cara Baru Pemasaran di Era Digital Dengan ‘Content Marketing’

Di era online digital saat ini kita sering kali mendengar isitilah content marketing. Apa sih sebenarnya content marketing

Di era online digital saat ini kita sering kali mendengar isitilah content marketing.

Apa sih sebenarnya content marketing itu?

“Content Marketing adalah sebuah jalan untuk mencapai dan menarik target konsumen yang ada maupun yang potensial melalui penciptaan konten/isi. Pesan-pesan marketing, cerita-cerita yang menggerakkan kepercayaan, perasaan, opini dan emosi bisa dikategorikan sebagai Content Marketing. “Dan Bergeon, Likeable Media

“ Content Marketing adalah sebuah tehnik marketing berupa penciptaan dan pendistribusian konten/isi yang relevan dan bermanfaat dengan maksud untuk menarik, mendapatkan, dan menjalin hubungan dengan target audience tertentu. Tujuan akhirnya adalah menarik minat konsumen untuk membeli produk kita.” – Joe Pulizzi, Content Marketing Institute dan pengarang buku Get Content, Get Customers

Di dunia online atau era digital saat ini, content marketing memang lekat dengan sebuah tulisan atau artikel. Namun yang harus kamu ketahui content marketing itu berbeda dengan advertorial atau bentuk iklan yang disajikan dalam gaya bahasa jurnalistik. Karena content marketing cakupannya cukup luas, dan berikut beberapa contoh content marketing yang bisa kamu terapkan:

1. Artikel

Cara Baru Pemasaran di Era Digital Dengan 'Content Marketing'

2. Foto atau Gambar

Cara Baru Pemasaran di Era Digital Dengan 'Content Marketing'

Selain dalam bentuk tulisan, content marketing dapat disajikan dalam bentuk foto, gambar atau ilustrasi. Karena banyak orang yang lebih tertarik dengan unsur visual ketimbang hanya kata-kata semata.

3. Video


Content dalam bentuk video juga merupakan content yang sangat disenangi banyak orang. Dan dapat mempengaruhi orang lebih cepat. Content video marketing juga sangat beragam, bukan hanya dalam bentuk iklan semata tapi juga dalam bentuk film pendek yang memiliki cerita dan pesan menarik.

4. Infografis

Jika banyak data statistik atau angka-angka yang memusingkan, content marketing dapat menyulapnya menjadi sebuah infografis. Sehingga kamu dapat membaca data atau statistik tersebut dengan jelas dan mudah. Selain itu infografis juga tidak melulu urusan angka statistik bisa juga menjadi skema atau bagan yang mudah dimengerti seperti kerangka berpikir.

5. E-Magazine

Ketika orang sudah malas membeli majalah cetak yang kurang praktis untuk dibawa dan disimpan serta harganya yang cukup mahal. E-magazine bisa menjadi content marketing yang mudah, biaya lebih terjangkau karena tanpa harus mencetak.

6. Social Media


Saat ini hampir semua brand dan perusahaan memiliki akun official social media seperti akun facebook, twitter, dan instagram. Social media ini tak lepas dari alat yang digunakan sebagai penyebaran content marketing, promo, dan kegiatan campaign yang bisa menambah engagement dan kepopuleran brand tersebut.

7. sticker


Apakah kamu pengguna line, kakao talk, wechat atau aplikasi chating lainnya di smartphone? Saat ini banyak brand yang memberikan sticker emoticon untuk kamu download secara gratis. Dan serunya sticker-sticker tersebut bukan hanya berbentuk emoticon lucu tapi juga bisa bergerak bahkan ada juga yang bisa mengeluarkan suara.

8. Forum Internet

 

Forum merupakan fasilitas yang memungkinkan para anggotanya dapat berdiskusi dan memilki kedekatan antar pengguna di dunia maya. Dengan membangun forum juga dapat merangkul para komunitas untuk lebih dekat dan mendengar segala masukan dan keluhan yang mereka inginkan.

9. Brand Newsroom

Ketika memasang iklan atau banner di media online atau cetak sudah terlalu mahal. Sebenarnya brand bisa menyiasati hal tersebut dengan membangun brand news room. Suatu web yang dibangun khusus untuk target pasar mereka. Misal sebuah rumah sakit bisa membangun website yang berisi informasi kesehatan, parenting, baby, hingga gaya hidup sehat tanpa melulu harus membahas berita atau kegiatan rumah sakitnya. Kedepan jika website tersebut sudah besar maka dapat menjadi digital aset yang sangat menguntungkan bahkan menghasilkan.

10. Inovasi

Banyak hal yang bisa dilakukan para brand pada websitenya, bukan hanya dari segi content yang menarik. Tapi juga harus melakukan banyak inovasi misal pada sebuah e-commerce yang menjual kebutuhan fashion, menyediakan ruang fitting room virtual yang memungkinkan seseorang bisa mencoba pakaian atau aksesoris yang dijual hanya dengan menggunakan webcam atau camera depan pada smartphonenya.

Comments

Pin It

1,003 thoughts on “Cara Baru Pemasaran di Era Digital Dengan ‘Content Marketing’

Comments are closed.