Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

Eduprogram-IRW – Keberhasilan seorang pemimpin tidak hanya dilihat dari prestasi yang telah diraih serta bagusnya rencana yang dibuat

Eduprogram-IRW – Keberhasilan seorang pemimpin tidak hanya dilihat dari prestasi yang telah diraih serta bagusnya rencana yang dibuat dalam mengembangkan perusahaan yang dikelola saja.

Lebih dari itu, kualitas lingkungan dan hubungan baik antar kehidupan karyawan di lokasi kerja juga menjadi salah satu indikator keberhasilan seorang pemimpin.

Suasana kerja yang menyenangkan serta bebas dari perlakuan diskriminasi merupakan salah satu hal utama yang bisa membuat para pekerja lebih bersemangat dan betah dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Tak bisa dipungkiri, dengan situasi demikianlah sebuah perusahaan akan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, serta mampu memberikan hasil kinerja yang maksimal.

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik, seorang pemimpin tentunya wajib memiliki gaya kepemimpinan yang baik, sehingga mampu menebarkan aura positif di lingkungan kerjanya.
Untuk itulah tidak semua orang mampu menjadi pemimpin.

Apabila kebetulan agan/sista disini yang saat ini sedang menjadi pemimpin di sebuah perusahaan, perlu kalian ketahui hal-hal penting berikut dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat untuk para karyawan ente.

Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

1. Berilah Keleluasaan Karyawan Untuk Memilih Cara Terbaik Dalam Menyelesaikan Tugasnya

Setiap manusia pastinya memiliki cara berpikir yang berbeda-beda, begitupun juga dengan karyawan. Dengan demikian, meskipun tugasnya sama pastinya mereka juga memiliki cara yang berbeda untuk menyelesaikan tugas yang diamanahkan.

Kebanyakan pemimpin mungkin lebih bersikap terlalu kaku, sehingga tidak dapat menerima cara kerja karyawannya yang mungkin terbilang cukup unik. Padahal, jika dipikir lebih bijak lagi, mungkin metode tersebut merupakan cara yang paling efektif, setidaknya menurut karyawan tersebut.

Dengan melakukan caranya sendiri, kemungkinan hasil yang akan didapatkan lebih maksimal jika dibandingkan ketika mengerjakan dengan cara lain / SOP perusahaan yang terlalu dipaksakan.

Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

2. Sebisa Mungkin Pemimpin Harus Bisa Menerima Keberagaman

Lingkungan kerja pastinya di isi oleh orang-orang dengan latar belakang, potensi, dan perilaku yang berbeda-beda. Dengan demikian, setiap orang/karyawan pasti memiliki pola pikir tersendiri dalam menyelesaikan suatu masalah.

Selain itu, setiap orang juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Terkadang, karena kekurangan yang dimiliki seorang karyawan menimbulkan perlakuan yang berbeda dari atasan, atau bisa dibilang di anak tirikan.

Didalam sebuah tim, kekurangan tersebut dapat menghambat proses penyelesaian tugas, sehingga akan menimbulkan masalah-masalah baru.

Sebagai pemimpin yang baik dan bijaksana, penting sekali menyadari bahwa setiap karyawan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan kelebihan itu pasti sangat berguna jika berada pada posisi yang tepat.

Menyelesaikan masalah yang muncul secara bijaksana, dan fokuskan hanya pada penuntasan masalah tanpa harus meletakkan kesalahan pada kekurangan karyawan merupakan pemimpin yang sangat bijaksana.

Selain itu, pemimpin juga perlu melakukan evaluasi dan memastikan para karyawannya berada pada bidang yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

3. Gunakanlah Bahasa Tubuh Dan Gestur Yang Tepat

Bahasa tubuh dan gestur merupakan bagian penting dalam sebuah komunikasi. Keduanya dapat membuat komunikasi tidak monoton. Namun, jika salah memilih bahasa atau gerakan tubuh, kemungkinan akan terjadi kesalahpahaman.

Tidak semua orang bisa dengan cekatan menangkap sebuah bahasa tubuh. Sebagai pemimpin yang baik, jangan sampai ente menggunakannya dengan tidak tepat sehingga akan merusak hubungan dan relasi dengan bawahaan ente.

Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

4. Permudah Cara Kerja Karyawan

Hadirnya teknologi yang terus berkembang, kegiatan komunikasi serta proses pengerjaan tugas akan lebih mudah, efektif, dan efisian. Selain dapat meringankan proses pekerjaan, kehadiran teknologi juga dapat membuat tugas-tugas terselesaikan dalam waktu yang cepat.

Hanya dengan menggunakan jaringan internet, transfer data atau berbagi informasi kepada sesama karyawan dapat dilakukan dengan mudah dan waktu yang singkat. Kinerja karyawan tentu akan lebih efektif dan efisian. Dengan alasan waktu pengerjaan jadi lebih singkat. Alhasil, melalui bantuan teknologi produktivitas perusahaan dapat dimaksimalkan.

Hai Pemimpin, Anda Perlu Melakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

Pemimpin yang sukses adalah mereka yang di sukai karyawannya. Relasi dan hubungan yang baik dengan karyawan tentu dapat ente dapatkan dengan menciptakan suasana lingkungan kerja yang sehat.

Tidak perlu terlalu kaku untuk disegani oleh karyawan. Ente akan disegani ketika berbuat hal-hal baik kepada orang lain. Berikanlah dukungan kepada karyawan dengan mengoptimalkan kemampuan dan produktivitas mereka dalam bekerja. Sehingga karyawan akan merasa nyaman dan betah dalam menyelesaikan tugas yang sedang diamanahkan.

Sumber : Kaskus

Reff : Equityworld Futures Pusat : Tips Wawancara Kerja

Comments

Pin It