1. Bagaimana cara memilih perusahaan pialang yg baik dan benar ?
Ada beberapa dasar kita dalam memilih Perusahaan Pialang Berjangka, yaitu :
  • Fairness
Perusahaan Pialang wajib memberikan Harga Terbaik YANG SEDANG BERJALAN (YANG BERJALAN DI BURSA) dalam KUOTASI harga maupun HARGA Perolehan Transaksi (Beli/Jual). Misal: Harga Kontrak Gulir Indeks Saham HangSeng saat ini berada di harga 22.570 dan Nasabah Berharap dapat ORDER beli di harga 22.500. Jika sampai jam penutupan transaksi angka 22.500 belum tercapai,maka ORDER beli nasabah belum akan terlaksana. Dan Jika besok terjadi GAP DOWN pada harga pembukaan di 22.000, Maka Nasabah akan memperoleh harga 22.000 sebagai bentuk terlaksananya ORDER buy yang dipasang.
Sering ada Perusahaan Pialang yang tidak Fair dalam mengaplikasikan Order yg dipasang oleh nasabah, sehingga walau harga buka di 22.000, tetap nasabah mendapatkan posisi Beli di 22.500. Padahal Jika mau Kritis, harusnya nasabah bisa bertanya, angka 22.500 bukannya tidak pernah ada di Bursa, kok bisa dikenakan pada harga itu.
  • Akuntabilitas
Apakah Perusahaan Pialang tersebut akuntabel terhadap permintaan Withdrawal nasabahnya. Peraturan Pemerintah adalah T+3 hari kerja Bank, namun diupayakan dapat T+1 hari kerja Bank. Waktu diperlukan karena dana disimpan dalam rekening terpisah yang dipersyaratkan oleh Kliring Berjangka, sehingga Perusahaan Pialang tidak dapat Meminjam, Menyalahgunakan atau bahkan Melarikan dana Nasabah.
  • Integritas (pemotongan komisi)
Pialang adalah Perusahaan Jasa yang berbasis komisi. Dimana kehidupan Perusahaan tersebut bisa terlaksana jika ada transaksi sehingga memungkinkan adanya pemotongan Komisi. Terkadang ada Perusahaan yang dengan konyolnya memasang Baliho/ Iklan/ Pengumuman, NO COMMISION (Tidak bayar Komisi)..
Jika Nasabah Melihat hal tersebut, harap sadar dan jangan terlalu senang, karena ada kemungkinan, Perusahaan Pialang tersebut adalah Perusahaan Bandar (memakan order Nasabah) atau Perusahaan Pengecut yang Hampir Bangkrut, sehingga tidak ada kemampuan selain mengobral diri pada level minus. Contoh: Penjual sayur melepas rugi harga dagangannya, karena merasa kuatir.. Daripada basi, lebih baik Rugi sedikit.
  • Elektibilitas
Dalam memilih Perusahaan Pialang, harap perhatikan BIAYA OVERNIGHT (INAP) atau BIAYA SWAP.
Biaya inap adalah biaya yang harus dibayarkan Nasabah kepada Bursa bila transaksi yg dilakoninya tidak/belum terlepas pada hari transaksi tersebut.
Biaya OVERNIGHT = BIAYA INAP yang termurah, karena sudah dipatok (bukan berupa persentase),
Sedangkan………..
Biaya SWAP = BIAYA INAP yg TERJAHAT, karena berupa Persentase bunga dan lebih mahal daripada Biaya Overnight.
  • Komitmen Terhadap Service Excellent
Perusahaan Pialang harus mengedepankan Trust dan Komitmen, bukan hanya terkait Transaksi, namun di segala Aspek Pelayanan sebagai Perusahaan Jasa.

 

  1. Bagaimana cara memilih….
  1. Kenapa kita menggunakan E-Trade, bukan Metatrader ?
E-trade dapat diakses dimanapun, tidak perlu program, harga Fair karena live price/ tidak disaring program, biaya simpan murah, komisi rendah, dapat cek trade history sedari awal bergabung, dapat memantau rekening koran secara LIVE dan secara Harian, dapat membaca News dalam bahasa Indonesia, dapat memantau lokasi login saat transaksi dilakukan, dapat menginput Order dalam selisih harga kecil <= 2pts, easy user interface.
  1. Pendapatan Perusahaan dari mana, kok bisa membayar pengeluaran, gaji,bonus dan komisi ?
Sampaikan dari Komisi $10 dan Spread 1pts=$100.; biaya simpan= BBJ; bunga di Bank= KBI; Tax= Negara)
  1. Apa yang membedakan Kantor kita dg Kompetitor lainnya ?
Jawaban Idem No.5. Dibawah
  1. Apa keunggulan Kantor kita dibanding kompetitor lainnya ?
Fairness, akuntabilitas, integritas, elektibilitas dan komitmen service excellent, Plus kita gunakan E-Trade, dan kita memiliki konsep transaksi.

Comments

Pin It