PT EWF Peduli Sejarah Dan Budaya Sulawesi Utara

PT EWF Manado Peduli Sejarah Dan Budaya Sulawesi Utara

MANADO – Paguyuban Ini Bangsaku bersama PT Equityworld Futures (EWF) Manado menggelar upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di

MANADO – Paguyuban Ini Bangsaku bersama PT Equityworld Futures (EWF) Manado menggelar upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di Makam Imam Bonjol, Pineleng, Jumat 6 Juni 2014 lalu.

Kegiatan di rangkaian dengan memperingati kelahiran Putera Sang Fajar Presiden pertama Bung Karno. Upacara singkat ini yang dipimpin oleh Pimpinan PT EWF Manado, Arif Sugiono beserta 45 staf.

Memilih makam Imam Bonjol, kata Arif untuk menghormati tokoh yang berpengaruh di zaman penjajahan karena telah mengukir sejarah yang fenomenal.

“Acaranya khusyuk dengan doa kepada Yang Maha Kuasa SWT, “ kata Arif.

Kegiatan kedua, dengan rombongan sebanyak 45 orang di Watu Pinawatengan. “Kami pilih lokasi itu karena sejarahnya melegenda di daerah ini,” katanya. Di Watu Pinawatengan, rombongan melaksanakan ibadah masing-masing, yakni yang muslim salat Subuh sedangkan yang Nasrani beribadah.Upacara di Makam Imam Bonjol oleh PT Equityworld Futures Manado_0005

Di lokasi itu, dilaksanakan juga upacara dengan menegakkan bendera merah putih, sekaligus menyematkan kainnya di kepala sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Kedatangan kami ke Watu Pinawatengan merupakan yang pertama kalinya, dan kami disambut baik salah satu juru kunci Watu Pinawatengan, yakni Pak Ari. Dia berterima kasih atas acara itu, karena dianggap mempopulerkan Watu Pinawatengan. Apalagi kami berasal dari luar Sulut,” Kata Arif.

Tim yang dipimpin Arif ini pun mendapat penjelasan panjang lebar tentang tanah Minahasa, yang dulu-nya bernama Malesung. Dan Watu Pinawatengan ini merupakan lokasi pertemuan dimana para pemimpin sub-etnis Tou Malesung berkumpul untuk membagi-bagi wilayah dan bahasa masing-masing, dan kemudian berikrar untuk menjadi satu sebagai Tou (Orang) Minahasa (sebuah kata yang berarti “Mina” (Menjadi), dan “Esa” (Satu), dan kemudian menjadi MINAHASA).

Manado Post, senin 9 Juni 2014

Comments

Pin It

4 thoughts on “PT EWF Manado Peduli Sejarah Dan Budaya Sulawesi Utara

Comments are closed.